Media Sosial dalam Masyarakat

Media Sosial Masyarakat

Kehidupan masyarakat zaman sekarang memang sudah modern. Kehidupan mereka tidak lepas dari sebuah alat yang canggih yaitu handphone. Masyarakat menggunakan handphone mereka untuk berbagai macam hal, tetapi kebanyakan orang menggunakan handphone untuk menggunakan media sosial. Media sosial dapat digunakan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Media social juga berdampak positif maupun negative pada siapa saja, adapun dampak positif media sosialyaitu :
1. media social menyediakan informasi yang cepat dan akurat.
Beragam informasi bias diperoleh dengan mudah dan cepat, baik itu informasi layanan publik, gangguan keamanan, kemacetan, kecelakaan dan sebagainya. Itulah yang membuat instansi-instansi saat ini mulai bersosialisasi lewat sosial media, sehingga informasi seputar organisasi dapat kita ketahui sesegera mungkin.
2. Menyediakan ruang untuk berpesan positif.
Penggunaan sosial media saat ini sudah banyak digunakan oleh pengusaha, politikus, tokoh agama, ulama, motivator, mahasiswa, pelajar dan lainnya sebagai sarana untuk mempublish berbagai kepentingan mereka. Ada hal-hal positif yang bias dipetik dari ulasan mereka, tinggal memilah baik buruknya sesuai kebenaran dan nurani.
3. Mengakrabkan hubungan pertemanan.
Kesibukan adalah salah satu yang membelenggu kita untuk saling kenal satu sama lainnya, padahal nyata-nyata kita berasal dari daerah atau alumni yang sama. Survey membuktikan bahwa solidaritas kedaerahan, satu alumni atau satu instansi masih cukup tinggi. media social saat ini telah menjembatani lewat group-group yang dibangun dengan beragam komunitasnya. Saling kenal, saling share dan saling berbagi informasi akan membuat cakrawala berpikir kita semakin luas.
4. Mempererat hubungan persaudaraan.
Indonesia adalah Negara Kepulauan dan tersebar diseluruh Nusantara, dalam hal bersilaturahmi dengan keluarga, sahabat dan lainnya yang cukup berjauhan membutuhkan biaya, waktu dan tenaga, berkatlayanan sosial media saat ini semuanya menjadi mudah dan praktis.
5. Menambah wawasan dan pengetahuan.
Sesuatu hal yang tidak diketahui dan anda butuh jawaban secepatnya, tidak harus bertanya kesana kemari, cukup browsing di google dan ketik pertanyaanan maka dalam sekejap muncul jawabannya.
Dampak negative penggunaan media sosial :
1.     Pengguna media social susah bersosialisasi secara langsung serta menjadi tidak peduli dengan keadaan sekitar.
Hal ini disebabkan karena pengguna media social menjadi malas belajar berkomunikasi secara nyata, hanya berbagi dan berinteraksi di dunia maya. Pengguna media social juga menjadi terbiasa dengan bahasa yang tidak  formal yang digunakan di Media social sehingga sulit untuk menggunakan bahasa baku.
2. Kejahatan
 Cyber crime yang terjadi di dunia maya seperti hacking, cracking, phising, spamming, dan lain-lain. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun dengan mudah diakses oleh siapapun sehingga mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak criminal serta banyaknya penipuan yang dilakukan menggunakan media sosial, seperti online shop yang tidak benar-benar menjual suatu produk
3. Perkembangan teknologi dalam media informasi seperti media sosial, dapat juga digunakan sebagai media propaganda dalam suatu konflik antar pihak yang sedang bertikai. Dalam propaganda yang dilakukan melalui media sosial yang ada, dapat mengeksploitasi kelemahan-kelemahan dan menyebarkan isu-isu negative kedua belah pihak yang berseteru.
4. Perkembangan Media Sosial yang begitu pesat juga mempengaruhi pada perubahan tatanan kehidupan masyarakat, dengan cara mempengaruhi pola piker dan perilaku masyarakat dalam menerima serta menganalisis informasi yang sifatnya menghasut sehingga menimbulkan keresahan.

Oleh karena itu, dalam penggunaan media social juga dibutuhkan batas dan waktu. Tidak harus setiap jam, menit, detik, hanya untuk bermain media sosial. Tetapi banyak hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat selain bermain media sosial.

Oleh:
Agatha Aurelya
9B/1
SMP PL Domenico Savio

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Media Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Media Sosial dalam Kehidupan Masyarakat